Perangkat Utama Jaringan Komputer


Sebelum masuk ke pembahasan alahkah baiknya kita bahas dahulu apa itu jaringan.Jaringan komputer itu sendiri memiliki arti dua komputer atau lebih yang saling terhubung satu dengan yang lainnya.Itu artinya jika hanya terdiri dari satu komputer tidak bisa disebut dengan jaringan.Perangkat jaringan komputer sendiri berguna sebagai pendukung agar setiap komputer bisa saling terhubung satu dengan yang lain.Perangkat jaringan komputer tersebut terdiri dari :

1.ROUTER
Router berfungsi sebagai penghubung lalu lintas netwok ke network lainnya seperti mengubungkannya ke LAN dan Wireless.Router juga bisa sebagai managemen data,Jadi router akan mengatur ip ke ether ether yang akan dihubungkan ke hub.Selain itu router memiliki banyak fitur mulai dari membuat Hostpot,membuat WLAN,Bridge,Web proxy,dan fitur lain sebagainya.

2.HUB
Hub adalah Sebuah alat yang berfungsi sebagai penghubung antarkomputer didalam jaringan.Komputer yang terhubung dengan HUB bisa saling bertukar informasi dengan komputer yang lain.Kelebihan utama dari HUB adalah jika kita hubungkan kabel pc pertama ke port 1 dihub,maka sudah tersalin ke port lainnya.sehingga pc selanjutnya yang juga terhubung ke hub bisa saling bertukar data.

3.NIC(Network Interface Card)
Network  Interface  Card  adalah  kartu  jaringan  yang  berfungsi sebagai jembatan dari komputer ke jaringan komputer.Tanpa adanya alat ini komputer tidak bisa terhubung dengan jaringan komputer.

4.Kabel Jaringan

Kabel jaringan adalah kabel yang dirancang secara kusus dan memiliki fungsi sebagai media lalu lintas transfer data antar komputer.Kabel jaringan yang digunakan untuk menghubungkan antarkomputer di Lan,terbagi menjadi 2 warna yaitu:
  1.   Kabel Straight adalah Kabel straight adalah kabel yang memiliki warna putih orange,orange,putih hijau,biru,putih biru,hijau,putih coklat,coklat.
  2. Kabel crossover adalah kabel yang memiliki susunan warna yang cukup berbeda dengan straight.Ujung pertama memiliki warna putih orange,orange,putih hijau biru,putih biru,hijau,putih coklat,coklat.Ujung kedua memiliki warna putih hijau,hijau,putih orange,biru,putih biru,orange,putih coklat,coklat.

5.Acces Point

Access point adalah sebuah perangkat jaringan komputer yang menggunakan WLAN(wireless local area network) sebagai medianya.Kelebihan utama dari menggunakan acces point adalah kita bisa lebih menghemat kabel. karena dalam proses sharing file maupun yang lainnya kita menggunaan sinyal yang dipancarkan dari  acces point.








0 Response to "Perangkat Utama Jaringan Komputer"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel