5 Jenis Jaringan Komputer


Jaringan komputer adalah dua komputer atau lebih yang saling terhubung satu sama lain .Bisa dikatakan terhubung jika bisa saling sharing file ataupun bertukar data.Jaringan komputer bisa saling terhubung dengan bantuan kabel maupun wireles.Untuk mengetahui jenis jaringan komputer bisa disimak dibawah :

1.Local Area Network(LAN)

Local Area Network adalah Jaringan yang hanya mencakup area kecil seperti jaringan komputer sekolahgedung dan kantor.Memiliki kecepatan transmisi data 10-100 Mbps perdetik.

2. Metropolitan Area Network(MAN)]
Metropolitan Area Network(MAN)  adalah Jaringan yang menghubungkan antarkota dan antar provinsi.Memiliki jangkauan 10-50KM.

3. Wide Area Network(WAN)

Wide Area Network (WAN) adalah Jaringan yang memiliki jangkauan antar benua atau yang lebih kita kenal dengan internet.
4.Wireless Local Area Netwok( WLAN)

Wireless adalah adalah jaringan tanpa kabel, jadi dalam menghubungkan komputer satu dengan komputer lainnya. cukup dengan terhubung dengan wifi dengan menggunakan alat bernama acces point sebagai perantaranya.Kelebihan utama dari jaringan ini adalah kita tidak memerlukan kabel dalam pembuatannya sehingga lebih menghemat biaya.Untuk kekurangan utama dari jaringan ini adalah keamanan dalam sharing file cukup rawan jika ada orang yang tidak kenal ikut terhubung.
5.Personal Area Network (PAN)

Personal Area Network merupakan jaringan yang saling terhubung dengan bantuan hostpot smartphone.Biasanya jaraknya tidak terlalu jauh hanya sekitar 5-10 meter.

Semakin berkembangnya zaman mungkin akan ada tambahan,Namun yang ada diatas merupakan yang ada saat ini semoga terbantu.Selamat Belajar !!!!

0 Response to "5 Jenis Jaringan Komputer"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel